Mengapa Kita Mengalami Mimpi?


pernakah kalian mengalami mimpi? yahh pasti kalian semua pernah menggalami mimpi, baik itu mimpi yang bahagia ataupun mimpi yang buruk. seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya mimpi itu terjadi pada saat kita sedang tidur. ketika kita mengalami mimpi saat kita tertidur, itu berarti kualitas tidur kita bagus ( tidur kita sedang nyenak ) selain itu juga mimpi mempunyai pengaruh pada kesehatan tubuh. dan tahuka kalian bahwa keadaan yang biasanya kita sebut dengan mimpi itu ternyata bisa di jelaskan dengan ilmiah. mengapa kita bisa mengalami mimpi?

manusia memiliki empat tahap dalam tidur yaitu pada tahap pertama kita akan mengalami tahapan tidur ayam, yang dimana pada saat proses ini terjadi kita dalam keadaan setengah sadar dan telah dalam keadaan hampir tertidur, proses yang ke dua yaitu proses yang dimana kita milai tertidur, yang ke tiga yaitu proses tidur nyenyak, dan yang ke empat yaitu tidur REM ( repid eye movement ). nah pada tahap inilah detak jantung, pergerakan bola mata, dan pernapasan kita yang tadinya lambat menjadi lebih cepat. nahh pada tahap REM inilah kita biasanya mengalami mimpi. dan kembali ke topik utama kita, mengapa kita bisa mengalami mimpi?

pada teori yang di kemukakan oleh seorang ahli psikologi yang bernama Sigmund Freud pada tahun 1899, yang dimana pada teorinya tersebut ia menyatakan bahwa mimpi yang kita alami selama kita tidur sebenarnya adalah harapan harapan dari diri kita yang terpendam dan belum bisa terwujud

dan baru-lah ketika teknologi canggih mulai berkembang yaitu sekitar tahun 1950-an, para peneliti menemukan fakta bahwa mimpi sebenarnya adalah efek samping dari proses otak kita yang sedang mengumpulkan beberapa kejadian-kejadian pada kehidupan kita dalam sehari, hingga menjadi sebuah memori baru di otak kita. nah pada saat otak kita mengumpulkan beberapa kejadian-kejadian penting ini ada beberapa kesalahan-kesalahan yang terjadi pada otak kita, yaitu saat kejadian-kejadian ini ada bagian sebagian kecil di otak kita yang menyadari beberapa kejadian-kejadian yang dikumpulkan oleh bagian lain dari otak kita. hal inilah yang sering kita sebut dengan nama mimpi.

mimpi-mimpi kita ini di pengaruhi oleh beberapa kejadian kejadian yang tertangkap oleh bagian otak kita menyadari kejadian-kejadian yang sedang di kumpulkan oleh bagian lain dari otak kita.

dan tahuka kalian ternyata mimpi kita ini akan sulit untuk diingat ketika kita sedah bangun dari tidur kita. hal ini terjadi karena selama kita berada di dalam mimpi kita,  memori jangka panjang dan memori jangka pendek kita akan terpisah dan karena mimpi kita ini terjadi di bagian memori jangka pendek kita, sehingga menyebabkan kita akan sulit untuk mengingat secara detail terjadnya mimpi yang kita alami

dan mungkin juga ada diantara kalian yang karena mengalami mimpi yang begitu indah atau sebagainya,  sehingga membuat kalian tidak ingin terbangun dari mimpi kalian dan nyatanya kalian tiba-tiba saja terbangun dan ironisnya kalian ingin tidur kembali dengan harapan mimpi kalan akan berlanjut. tetapi nyatanya hal ini  akan sangat  terjadi karena secara alami mimpi kita ini terjadi pada alam bawah sadar kita, sehingga ketika kita terbangun dari mimpi kita, maka kita akan sangat kesulitan  mengulangi mimpi kita itu karena ketika kita bangun dari mimpi itu berarti otak kita telah sadar kembali.

Mengapa Kita Mengalami Mimpi? Mengapa Kita Mengalami Mimpi? Reviewed by fikri darmansah on May 16, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.